-Ketua Forum Peduli Masyarakat Miskin (FPMM) Cabang Jakarta Timur

-Sekretaris Forum Redam Korupsi (FORK) Cabang Jakarta Timur

Kamis, 28 November 2013

Jurus Cerdas Berantas korupsi : Jadikan Koruptor nama jalan strategis

Maraknya korupsi di Indonesia sudah mencapai taraf keterlaluan,  meski KATANYA pemberantasan korupsi sudah dilakukan dan pemberitaan tentang kasus korupsi juga terus dikabarkan, hal tersebut tidak menyurutkan angka korupsi di negeri ini.
Sudah terbukti hukuman pidana untuk koruptor tidak membuat mereka jera dan tidak memotivasi orang lain untuk tidak korupsi, koruptor masih bisa keluar sel penjara, jalan-jalan dan mengunjungi sanak saudara. meski negeri ini negara hukum , sanksi hukum korupsi tidak mampu mengurangi angka korupsi.

Harus ada semangat baru untuk memberantas korupsi, kita masih punya sistem sosial yang bisa memberikan sanksi lebih tegas pada para koruptor yang sudah divonis secara hukum,  koruptor harus selalu dikenang sepanjang masa, dan dimasukkan dalam sejarah pemberantasan korupsi.
Jurus cerdas 1 : JADIKAN KORUPTOR NAMA JALAN STRATEGIS
agar selalu dikenang dan diingat-ingat masyarakat, koruptor yang sudah divonis hukum dapat diabadikan menjadi nama jalan strategis, menggantikan jalan-jalan bernama hewan, tumbuhan dan istilah lain selain nama pahlawan (karena pahlawan  harus dikenang rakyat sepanjang masa ), misal :
Jalan Koruptor fulan no 13 kav 12 jakarta
istilah koruptor tidak boleh disingkat menjadi K Fulan, karena di situlah poin yang ingin ditekankan. karena banyak koruptor di tingkat daerah, sangat disarankan daerah tersebut yang mengabadikan koruptor, agar masyarakat setempat selalu teringat dan bisa menjelaskan kepada anak dan cucunya kenapa ada nama jalan koruptor fulan. sekali lagi yang diberi “kebahagiaan” untuk dijadikan nama jalan adalah nama koruptor yang sudah divonis hukum, agar tetap menghormati asas praduga tak bersalah.
Jurus cerdas 2 : MASUKKAN PROFIL KORUPTOR DAN KASUSNYA PADA KURIKULUM ANTIKORUPSI
Materi pelajaran anti korupsi di sekolah-sekolah harus menyertakan profil koruptor dan kasusnya di dalam kurikulum, agar generasi muda mengetahui, memahami dan menghafalkan para koruptor baik di tingkat pusat maupun di daerahnya.
Jurus cerdas 3 : MENERBITKAN WEB TER-UPDATE BERISI DAFTAR KORUPTOR PUSAT DAN DAERAH LENGKAP DENGAN PROFIL DAN RINCIAN KASUS
harus ada akses luas bagi masyarakat untuk mengakses daftar koruptor terbaru baik pusat maupun daerah, yaitu dengan info koruptor terbaru via website.
Jurus cerdas 4 : MEMBUAT TANDA / CAP TERTENTU UNTUK KTP KORUPTOR
Memperlakukan koruptor seperti halnya tapol PKI di masa orde baru akan cukup efektif untuk lebih menegaskan bahwa KORUPSI ADALAH MUSUH NEGARA DAN RAKYAT, tidak ada lagi REMISI APALAGI GRASI untuk koruptor.
Sanksi sosial tegas seperti ini diharapkan bisa membuat koruptor benar-benar jera, bahkan mungkin bisa membuat koruptor bunuh diri karena tak tahan menahan malu, masyarakat juga harus lebih tegas MENGUCILKAN KORUPTOR, karena mereka telah nyata-nyata merugikan rakyat, bangsa dan negara.